Buah Apel Bantu Sehatkan Tubuh Anda

06.00
Buah Apel Bantu Sehatkan Tubuh Anda - Buah Apel Banyak sekali manfaat alami yang dapat kita ambil dari buah-buahan, salah satunya adalah buah apel. Awal kali buah ini ditanam pada daerah asia tengah dan sekarang telah merata tersebar ke seluruh penjuru dunia dikarenakan khasiatnya yang luar biasa buat tubuh dan rasanya yang lezat, sehingga banyak sekali orang yang menyukai buah ini.

Buah Apel Bantu Sehatkan Tubuh Anda
Buah Apel (Malus Domestica)

Buah Apel Menurut Jenisnya

Bernama latin Malus Domestica dengan karakter rasa asam manis seringkali apel dijadikan makanan olahan sehat dan minuman ekstrak. Di indonesia sendiri telah banyak beredar berbagai jenis apel diantaranya adalah apel romebeauty, manalagi, ana, hijau (New Zeland), apel malang, dll.

Serat, flavonoid, dan vitamin C dalam apel menjadikannya makanan sehat untuk diet anti penuaan, kanker dan serangan jantung

Buah Apel, Ini Manfaatnya

Buah apel tidak mengandung kolesterol.  Serat buah apel, membantu dalam mengendalikan kolesterol dengan cara mencegah atau mengurangi penyerapan minyak kembali. Sebuah penelitian mengungkapkan, dengan mengkonsumsi apel setiah hari mampu mengurangi resiko terkena serangnan jantung. Pembuktian ini telah dilakukan para peneliti yang mengevaluasi data dari 10 prospective cohort studies di Amerika dan eropa yang melibatkan 91.058 laki-laki dan 245.186 perempuan.

Pengujian terfokus pada jumlah serat yangn dikonsumsi oleh para peserta uji coba selama kurun waktu 6-10 tahun. Hasilnya, sembilan dari sepuluh hasil uji tersebut menunjukkan, resiko terkena serangan jantung koroner bisa dicegah dengan sering mengkonsumsi serat kasar. Intinya, dengan mengkonsumsi 10 gram serat kasar per hari, mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung koroner hingga 14 persen dan resiko kematian akibat serangan jantung menurun menjadi 27 persen.

Buah Apel Menurut Kandungannya

Apel mengandung pektin, serat yang dapat mengeluarkan sampah dari tubuh. Serat ini juga mendorong perkembangbiakan bakteri baik dalam usus besar. Pektin bekerja sama dengan quersetin menjaga agar kandungan kolesterol darah tetap rendah. Apel juga mengandung asam malat yang membantu meredam rasa sakit akibat rematik dan artritis serta menjaga kestabilan tenaga. Kandungan vitamin C dalam buah ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan pada saat yang sama kandungan airnya akan merehidrasi tubuh anda.

Penelitian selanjutnya yang dilakukan di Hawai dengan melibatkan 10.000 laki-laki dan perempuan berusia lebih dari 24 tahun, menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara sering mengkonsumsi flavonoid dan berkurangnya resiko terkena kanker paru. Pada sampel populasi tersebut diketahui apel menyediakan 64% total flavonoid. Dengan demikian, berkurangnya resiko terkena kanker paru-paru berkaitan dengan meningkatnya zat flavonoid di dalam tubuh.
Previous
Next Post »
0 Komentar