Make Up Shading: Jenis Dan Cara Pakainya Untuk Wajah

06.00
Make Up: Jenis Dan Cara Pakainya Untuk Wajah - Perlengkapan make up apa saja yang bisa digunakan? Mari kenali satu per satu!

Bentuk wajah yang dikatakan sempurna adalah oval. Namun, tentu tidak semua orang mempunyai bentuk wajah seperti itu. Ada yang bentuk wajahnya bulat, persegi, lonjong atau persegipanjang, belah ketupat, dan hati.

Untungnya, bentuk wajah seperti itu bisa disempurnakan dengan mengoreksi menggunakan Make Up shading. Sesuai namanya, Make Up shading berguna untuk menciptakan bayangan, dengan memainkan warna make up yang lebih gelap dari warna kulit.
Make Up Shading: Jenis Dan Cara Pakainya Untuk Wajah

Make Up Shading ini diaplikasikan pada bagian wajah tertentu, sehingga bagian tersebut seakan tersembunyi. Hasilnya, bentuk wajah pun akan terkesan lebih sempurna. Karena untuk menyempurnakan bentuk wajah, tentu Make Up shading harus diaplikasikan sesuai kekurangan masing-masing orang. Bisa di area dahi, mata, pipi, hidng, bibir, atau dagu. Adapun perlengkapan make up yang bisa digunakan untuk menyamarkan kekurangan di wajah adalah:

Make Up SHADING

Dikatakan Lilik, ada make up yang memang khusus untuk Make Up shading, yang bisa digunakan di dahi, mata, pipi, hidung, bibir, dan dagu. Bentuknya cake, seperti bedak padat. Pengaplikasiannya dilakukan setelah memakai make up, seperti bedak, eye shadow, atau blush on.

Jadi, Make Up shading ini merupakan langkah finish up. Setelah wajah di make up, akan terlihat bagian yang perlu dikoreksi. Nah, bagian itulah yang perlu diberi Make Up shading.

Pilihan warna make up shading ini sangat terbatas, yaitu hanya cokelat gelap dan cokelap lebih muda. Itu disesuaikan dengan fungsinya, yaitu membentuk bayangan. Jadi, warna yang tersedia mirip dengan warna kulit, hanya saja lebih gelap.

Sedang alat mengaplikasikannya, Lilik menyarankan untuk menggunakan kuas jenis brush. Sebab, kuas seperti itu bisa membuat make up lebih menyebar, sehingga Make Up shading yang diaplikasikan bisa lebih rata dan gradasinya bisa lebih lembut.

Make Up FOUNDATION

Foundation juga bisa digunakan untuk mengoreksi kekurangan wajah. Tapi, menyamarkan kekurangan dengan foundation lebih sulit, karena digunakan sebelum make up, di mana hasil riasan belum nampak.

Jadi, dibutuhkan kemampuan mengenali bentuk wajah dan kekurangannya bila akan menggunakan foundation sebagai Make Up shading. Selain itu, juga dibutuhkan perkiraan yang lebih akurat tentang hasil wajah setelah diberi foundation dan make up. Karenanya, foundation sebagai Make Up shading biasanya digunakan oleh mereka yang sudah profesional. Apalagi, tidak semua jenis foundation bisa digunakan sebagai Make Up shading.

Yang bisa digunakan yaitu foundation berbentuk krim, karena teksturnya lebih halus, dan bisa langsung menempel pada kulit. Sehingga, Make Up shading terkesan menempel seperti kulit asli dan alami, hanya saja warnanya lebih gelap.

Untuk mengaplikasikan foundation sebagai Make Up shading, biasanya digunakan spon berbentuk segitiga.

Bagian yang lebar digunakan untuk area wajah yang lebih luas, seperti pipi, sedang ujung spon yang lanci untuk area yang lebih sempit, seperti hidung.

Spon sebaiknya dalam keadaan kering. Sebab, jika basah, foundation harus segera diaplikasikan pada wajah dalam waktu singkat. Jika tidak, hasil riasan akan terlihat belang, tidak rata, dan tidak halus.

Make Up BLUSH ON

Blush on juga bisa digunakan sebagai Make Up shading. Tapi, tentu harus dipilih yang warnanya lebih gelap, misalnya cokelat atau yang sedikit lebih gelap ketimbang warna asli kulit.

Blush on untuk Make Up shading, bisa digunakan di pipi, rahang, dagu, dan area T yaitu dahi dan hidung. Sedang alat yang digunakan untuk memulas blush on, bisa dengan kuas yang brush agar hasilnya rata dan gradasi warnanya lembut.

Make Up EYESHADOW

Eye shadow juga bisa digunakan sebagai Make Up shading, meski jarang. Biasanya eye shadow warna gelap yang dove digunakan untuk memberi kesan cekung di sekitar mata. Jangan eye shadow yang mengkilap karena justru akan membuat mata terlihat lebih menonjol.

Untuk mengaplikasikan eye shadow sebagai Make Up shading, Llilik menyarankan menggunakan kuas jenis brush berukuran kecil. Sehingga bisa menjangkau seluruh sudut di sekitar mata.

Make Up LIP LINER

Lip liner berbentuk pensil bisa digunakan untuk mengoreksi bentuk bibir. Menurut Lilik, untuk menyempurnakan bentuk bibir setidaknya dibutuhkandua warna lip liner, yaitu gelap dan lebih terang. Lip liner gelap dipoleskan di bagian tepi untuk memberi bentuk bibir. Sedang untuk bibir bagian dalam, digunakan lipstik dengan warna lebih terang. Sehingga ada bagian bibir yang terkesan lebih menonjol.

Untuk mengaplikasikan bibir bagian dalam ini, sebaiknya digunakan Make Up dengan kuas khusus untuk bibir agar teksturnya lebih halus dan rata. Selain itu, kuas membantu membaurkan lipstik dengan lip liner, sehingga garis batas antara lip liner dengan lipstik bisa disamarkan. Dengan kuas ini, warna yang muncul justru gradasi yang alami.

Make Up SHADING

Untuk menyempurnakan bentuk wajah, dilakukan bergantung bentuk wajah aslinya. Berikut ini  teknik mengoreksi bentuk wajah dengan Make Up shading.

Make Up Gaya PERSEGI

Wajah persegi cenderung lebar, dengan rahang yang menonjol. Karena itu, teknik Make Up shading dilakukan di bagian rahang. Sedang untuk blush on, disapukan membentuk segitiga, yaitu mengerucut ke arah hidung dan melebar di pipi.

Make Up Gaya SEGITIGA

Wajah bentuk segitiga ditandai dengan bagian atas wajah yang lebih sempit ketimbang bagian bawah. Karena itu, Make Up shading diaplikasikan di rahang agar terlihat lebih sempit. Untuk pipi dan dahi, sebaiknya digunakan warna terang agar terlihat lebih lebar. Koreksi wajah segitiga ini juga bisa dengan blush on. Caranya, blush on disapu ke samping untuk menambah kesan lebar

Make Up Gaya BULAT

Koreksi wajah bulat bisa dilakukan dengan aplikasi blush on. Arahnya dari pipi ditarik ke atas hingga sudut mata luar, sehingga wajah terkesan tirus. Lilik mengingatkan, untuk koreksi wajah bulat sebaiknya hindari penggunaan blush on pada pipi depan. Sebab, Itu justru akan membuat pipi tampak chubby, sehingga wajah jadi terlihat lebih bulat.

Make Up Gaya PANJANG

Wajah panjang biasanya terkesan lebih sempit karena bentuk dahi dan dagu memanjang. Koreksi tipe wajah ini, bisa dilakukan dengan Make Up shading pada bagian dahi dan dagu. Untuk blush on, diaplikasikan dengan Make Up cara mendatar untuk membuat kesan wajah lebih lebar.
Previous
Next Post »
0 Komentar